Minggu, 12 Agustus 2012

Kalimat Verbal dan Non Verbal

Sebelum memahami mengenai kalimat verbal, meskipun hubungannya tidak secara langsung, namun ada baiknya jika kita mengetahui definisi verbal itu sendiri. Verbal diartikan sebagai ‘secar lisan dan bukan tertulis. Namun begitu, dalam hal kalimat verbal, tentu kalimat tersebut harus ditulis. Nah disini barangkali kita perlu menengok kamus bahasa inggris, karena sebagain dari kosa kata kita meminjam adri bahasa inggris. Kata verbal yang dimaksud barangkali merujuk pada kata ‘verb’ dalam bahasa inggris yang artinya “kata kerja”. Definisi kalimat verbal adalah sebagai kalimat yang predikat pada klausanya kata atau frase dari kata kerja.

Kalimat verbal dibagi dua, yakni kalimat verbal transitif dan kalimat verbal intransitive. Kalimat verbal transitif adalah kalimat yang predikatnya memerlukan objek. Sedangkan yang satunya lagi, kalimat verbal intrasitif adalah kalimat yang predikatnya tidak memerlukan objek.

Selain kalimat verbal, kita juga perlu mengetahui adanya kalimat non-verbal. Kalimat non-verbal adalah kalimat yang predikat pada klausanya bukan kata kerja, melainkan kata sifat, nomina, adverbial, dan numeral. Perhatikan beberpa contoh kalimat verbal transitif, intransitive, dan kalimat non-verbal!

a.Kalimat verbal transitif

1)      Anida memetik daun di halaman.

2)      Agus menulis surat kemarin.

3)      Muchtar membawa segepok uang untuk Ani.

b. kalimat verbal intransitive

1)      Dia menangis termehek-mehek.

2)      Kuda poni berlari menuju garis finish.

3)      Adik tertawa terkekeh-kekeh.

c. Kalimat non-verbal

1)      Istri-istriku sangat cantik

2)      Waluyo ke kantor

3)      Amin pandai bergaya

4)      Siswa SD Pedalaman II 25 ribu orang

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kalimat verbal adalah kalimat yang predikat pada klausanya kata atau frase dari kata kerja. Sedangkan kalimat non-verbal adalah kalimat yang predikat pada klausanya bukan kata kerja. Saya harap, semoga anda tidak bingung lagi dengan kalimat verbal dan kalimat non-verbal.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review